Mau Tahu Cara Beriklan di Facebook dengan Mudah? Yuk, Baca Di Sini!

Mediatics,
Writer

October 20, 2022

Di dunia yang serba digital kini, tentu beriklan secara online juga menjadi salah satu strategi yang lebih efektif. Sebagai pengiklan kamu tak perlu mengeluarkan tenaga dan waktu yang banyak. Nah, di antara banyaknya platform beriklan, Facebook sebagai media sosial yang memiliki banyak pengguna tentu bisa kamu manfaatkan. Tapi, gimana cara beriklan di Facebook yang benar, ya?

Gak perlu tunggu-tunggu lagi, yuk, langsung baca  aja!


Kenapa Harus Facebook?

Gak bisa dipungkiri Facebook masihlah menjadi media sosial yang populer. Belum lagi Facebook bisa dikatakan “cikal bakal” dari lahirnya keranjingan orang-orang pada media sosial. 

Secara global, pengguna aktif Facebook hingga kuartal 2 tahun ini mencapai 2,93 miliar orang. Walaupun angka pengguna mengalami kenaikan atau penurunan, di Indonesia sendiri jumlah pengguna yang ada tetaplah masih di angka yang besar, yakni 202,2 juta orang dan menduduki peringkat ketiga terbesar di dunia.

Melihat angka pengguna tersebut, tentu beriklan di Facebook masih menjadi satu hal yang patut kamu pertimbangkan sebagai pengiklan. Apalagi didukung dengan banyaknya manfaat secara langsung dan tidak langsung kepada bisnismu. 

Kenalan dengan Facebook Ads

Beriklan di Facebook sendiri biasa disebut dengan Facebook Ads. Lebih lengkapnya, Facebook Ads adalah layanan dari Facebook yang memungkinkan kamu untuk beriklan di platform ini. Tapi satu yang perlu diingat, Facebook Ads merupakan salah satu iklan non-organik alias berbayar, ya.

Adapun iklan pada Facebook Ads bisa dibuat dalam format foto, suara, maupun video. Secara gak bisa dipungkiri sekarang orang-orang lebih menyukai konten iklan yang memiliki visual menarik. Nah, kamu bisa mengkombinasikan formatnya bebas sesuai dengan ide, pesan, dan tujuan iklanmu. 

Baca juga: Pemilik Brand Kenalan dengan 5 Tipe Instagram Ads Yuk!

Apa Keunggulan Beriklan di Facebook?

Berikut beberapa keuntungan yang kamu dapatkan ketika beriklan menggunakan Facebook:

  1. Brand awareness

Tentu, alasan pertama yang menguntungkan bisnismu ketika memasang iklan di Facebook adalah untuk mencapai brand awareness bisnismu itu sendiri. Bayangkan jika masih menggunakan cara iklan yang konvensional seperti word of mouth, mungkin bisnismu hanyalah bisa diketahui segelintir orang saja. 

Berbeda dengan menggunakan Facebook, sebagai salah satu wadah media sosial yang digunakan untuk berjejaring dengan berbagai orang di penjuru dunia, kamu bisa memiliki kesempatan untuk mengenalkan secara luas bisnis milikmu. 

  1. Target iklan lebih jelas

Salah satu fitur yang harus kamu lengkapi sebelum berhasil beriklan di Facebook adalah mengatur siapa dan apa yang menjadi target dari iklanmu. Mulai dari usia, jenis kelamin, pekerjaan, interest, hingga hobi bisa kamu tentukan di awal. Dengan begitu, kamu bisa lebih mendapatkan konsumen yang tepat sesuai dengan objective brand 

  1. Bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan bisnis

Walaupun beriklan di Facebook berbayar, namun bisa dibilang Facebook masihlah memiliki biaya yang cukup terjangkau. Per tahun 2022 ini, Facebook sendiri mematok harga sekitar US$ 50 - US$ 50.000 untuk satu minggunya. Jadi kamu tak perlu khawatir menggocek budget yang besar. Semua bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan bisnismu.

Apa yang Penting Dipersiapkan Sebelum Beriklan di Facebook?

Sebelum beriklan, ada baiknya kamu sebagai pemilik brand harus melakukan beberapa hal. Pertama, kamu perlu riset kecil-kecilan untuk tau siapa saja yang jadi target iklanmu. Selanjutnya, kamu juga perlu lho untuk mengetahui internet marketing strategies, setidaknya dasar-dasarnya saja. 

Gak kalah penting, isi konten baik dari segi visual (foto dan video) maupun copy text yang ada perlulah dibuat semenarik mungkin. Ini bermanfaat untuk memancing calon konsumen pada detik pertama. 

5 Cara Beriklan di Facebook dengan Mudah

Langkah awal sebelum beriklan di Facebook adalah dengan memastikan apakah akun milikmu sudah diperuntukkan untuk Facebook Bisnis apa belum. Jika belum, kamu bisa menuju Facebook Ads Manager untuk memulainya. Setelah kamu melakukan log-in di Facebook Ads Manager, klik opsi “Campaign” lalu “Create” untuk memulai iklanmu. 

Nah, sekarang kita menuju ke langkah-langkah memulai beriklan di Facebook, ya.

  1. Objective iklan

First of all, kamu harus mengetahui apa yang jadi tujuan dari iklanmu. Apakah kamu ingin meningkatkan penjualan di situs, atau hanya meningkatkan brand awareness. Semua sudah patut kamu diskusikan dengan tim bisnismu sejak awal. 

Facebook sendiri setidaknya menyediakan 11 tujuan dari campaign iklan, yang terdiri dari: Brand awareness, Reach, Traffic, Engagement, App installs, Video views, Lead generation, Messages, Conversions, Catalog sales, Store traffic. 

Semua objective tersebut tentu akan berpengaruh terhadap budget yang dikeluarkan dan capaian yang akan didapatkan nanti. Misalnya, jika kamu punya tujuan yang berorientasi dengan konversi (seperti penjualan) nantinya kamu akan membayar per action. 

  1. Tetapkan audiens

Selanjutnya, pilih siapa saja yang akan menerima sasaran iklanmu. Kamu bisa mengaturnya mulai dari usia, lokasi, jenis kelamin, hingga bahasa. Tentu semua harus kamu tentukan dengan mengetahui dengan pasti siapa yang jadi audiens milikmu. 

Untuk pengaturan yang lebih detail, kamu bisa menuju dua kolom “Detailing Targeting” dan “Connections”. Pada bagian Detailing Targeting, kamu bisa mengerucutkan sasaran berdasarkan demografi, minat, dan perilaku. Sedangkan pada Connections, kamu bisa menargetkan atau tidak memasukkan orang yang telah memiliki Facebook Bisnis. 

  1. Di mana kamu akan beriklan?

Langkah setelahnya mengatur audiens adalah dengan memilih lokasi di mana iklan milikmu akan ditampilkan. Kamu bisa menempatkannya di Facebook, Instagram, Messenger, Audience Network maupun semuanya. Lebih spesifiknya lagi, kamu juga bisa memilih perangkat seluler tertentu untuk menjalankan iklanmu, lho!

  1. Budget dan atur jadwal iklanmu

Nah, kini masuk ke dalam bagian yang krusial yang berhubungan dengan per-budget-an! Pada bagian budget dan schedule, kamu bisa memasukkan anggaran harian maupun anggaran sesuai dengan waktu campaign-mu. Dengan memasukkan angka yang kamu pilih, berarti Facebook tidak akan menghabiskan biaya melebihi anggaranmu. 

  1. Buat iklannya!

Nah, ini sudah masuk ke dalam tahap akhir, yakni bagian pembuatan iklannya. Pertama-tama, pilih format dari konten iklanmu. Setidaknya saat ini terdapat 8 format yang terdiri dari: foto, video, stories, messenger, carousel, slide, koleksi, hingga iklan yang bisa dimainkan. 

Oh iya, pilihan format tersebut dapat kamu pilih sesuai dengan tujuan campaign yang sudah ditetapkan pada awal tadi, ya! Jika sudah selesai semuanya, klik tombol “Confirm” dan order milikmu akan terkirim ke pihak Facebook. Kamu tinggal menunggu email dari Facebook apabila iklanmu sudah diterima. 


Kesulitan Memulainya? Lakukan Saja Bersama Mediatics Digital Indonesia!

At the end, Facebook masihlah menjadi salah satu platform yang tepat untuk menjalankan promosi dan iklan di media sosial. Namun, kembali lagi persiapannya perlu dilakukan secara matang agar tujuan akhir dari strategi bisnismu bisa tercapai.

Sayangnya, kami tahu pasti tidak semua brand memiliki tenaga ahli maupun waktu yang pas untuk menyiapkan ini semua. Apakah brand-mu salah satunya? 

Yuk, mulai Facebook Ads-mu bersama Mediatics. Kami memiliki layanan Media Placement, yang salah satunya Facebook Ads yang bisa membantu berkembangnya bisnismu. Daftar sekarang dan kamu gak perlu memusingkan cara beriklan di Facebook yang efektif seperti apa. Serahkan pada kami!