TikTok Ads adalah Tren Baru dalam Beriklan? Cari Tahu di Sini!

Mediatics,
Writer

July 12, 2022

Siapa yang di sini main TikTok? Rasa-rasanya semua orang makin menggandrungi platform satu ini, ya! Kalau dulu TikTok sekedar tempat untuk cari hiburan, semakin ke sini makna tersebut kian bergeser. Kini akhirnya banyak brand yang menggunakan platform TikTok sebagai salah satu wadah marketing mereka. TikTok Ads adalah langkah adaptif TikTok untuk terus memetakan potensi baru mereka di segmen yang lain. Khususnya pemilik brand. 

Kamu pemilik brand dan tertarik lakukan TikTok Ads? Artikel ini cocok banget buat kamu!

 


 

TikTok Ads adalah Tren Baru?

TikTok Ads merupakan alat yang menyediakan fitur targeting, ad creation, insight report, dan ad management untuk kreator di TikTok. Jangan salah, alat ini sekarang bisa dibilang sebagai tempat yang kuat bagi para brand untuk mendapatkan perhatian dari banyak pengguna TikTok, bahkan hingga seluruh dunia.

Ada 2 opsi budgeting yang bisa kamu sesuaikan, yakni daily (harian) atau lifetime (seumur hidup). Tentu TikTok ingin memberikan kemudahan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan brand ketika ingin beriklan.

Setidaknya sejak 2 tahun belakangan, TikTok Ads mulai sering dipakai oleh para brand sebagai salah satu cara mengiklankan produk atau jasa mereka. Nah, biar lebih yakin menggunakan Ads TikTok, berikut alasan kenapa Ia jadi tren baru dalam beriklan!

Kenapa Harus Pakai TikTok Ads?

Nih, berikut kami rangkumkan kenapa brand kamu harus pakai TikTok Ads:

  1. TikTok punya banyak pengguna

Kalau dulu ada istilah “YouTube lebih dari TV”,  kayaknya sekarang “TikTok bisa mengalahkan Instagram”, deh! Gimana nggak? Sekarang TikTok punya banyak pengguna dari berbagai usia dan jenis kelamin. 

Dilansir dari Hootsuite Digital 2022 Report, TikTok dikabarkan sebagai platform yang paling banyak diunduh di tahun 2021. Nggak tanggung-tanggung ada 656 juta orang di dunia, lho! Banyak banget, kan?

  1. Pengguna banyak menghabiskan waktu di TikTok

TikTok mungkin pada awal mula kehadirannya dianggap menjadi tempat orang mencari hiburan. Mungkin kita semua masih ingat ketika awal mula terjadinya pandemi COVID-19 di awal tahun 2020 yang di mana semua orang membatasi kegiatan mereka di luar rumah. Pada saat itu munculah tren-tren lucu yang akhirnya jadi hiburan banyak orang ketika itu. 

TikTok pada saat ini nampaknya bukan sekedar itu saja. Buktinya kini banyak orang yang mencari referensi, rekomendasi, atau bahkan informasi dari sana. #RacunTikTok adalah salah satu hastag yang digunakan oleh Content Creator ketika merekomendasikan brand atau produk yang mereka pakai. Tentunya ini jadi celah buat para brand memakai TikTok sebagai satu platform beriklannya. 

  1. Potensi menjangkau audiens yang lebih luas

Balik lagi karena TikTok punya pengguna yang banyak ditambah algoritma yang unik, tentu brand kamu akan punya potensi menjangkau audiens yang lebih luas. Karena konten yang ada pun akan lebih mudah viral.

Sesimple ketika menggunakan sound yang lagi trend aja membuat video kamu bisa dilihat oleh banyak orang yang punya ketertarikan dengan sound tersebut. 

  1. Punya layanan yang banyak untuk dimanfaatkan

TikTok menghadirkan beberapa jenis iklan yang bisa kamu pilih. Pertama adalah brand takeover. Cara kerjanya adalah ketika pengguna membuka aplikasi, maka iklan akan muncul dan mengambil sepenuhnya layar pengguna dalam durasi tertentu. Nah kalau durasi iklan sudah habis, nanti iklan akan hilang dan menjadi in-feed video ads lagi.

Selain itu ada juga top view, nah kalau ini iklan akan muncul ketika pengguna pertama kali membuka aplikasi. 


 

Optimasi Social Ads-mu Bersama Mediatics

Itulah penjelasan TikTok Ads yang menjadi cara baru dalam beriklan. Nah, jika kamu mau beriklan, kamu bisa memanfaatkan Mediatics sebagai konsultan social ads-mu. Mediatics siap untuk mengoptimasi iklan milikmu. Tunggu apalagi? Hubungi kami di sini sekarang!